Senin, 02 Juni 2008

Effective And Constructive Thinking

Guna meningkatkan pengembangan diri yang lebih maksimal, kita tidak hanya dituntut terbiasa berpikir dan bertindak positif, tetapi juga konstruktif. Berpikir konstruktif, adalah membangun kesadaran yang bersifat membina, membangun dan memperbaiki, sehingga kita tidak tenggelam dalam situasi pesimis dan ketakutan yang beralasan.Bila kita sudah terbiasa berpikir positif, jangan sampai berhenti sampai di sini. Hendaknya kita terbiasa pula berpikir konstruktif, agar kita tidak kembali terbelenggu dalam kegagalan dan kesalahan yang sama. Caranya dengan melakukan tindakan nyata untuk mendapatkan sesuatu yang lebih baik atau terbaik yang bisa kita lakukan.

Lantas apas yang dimaksud dengan berpikir efektif? Berpikir efektif berarti cara pandang seseorang untuk mencapai suaru tujuan melalui skill yang dimilikinya. Seseorang tidak hanya berpikir sampai pada berpikir konstruktif atau membangun, tetapi ia juga harus memiliki point of view yang jelas mengarah pada pencapaian tujuan dengan pemikiran yang praktis dan sistematis.

Dengan kata lain, untuk bisa berkarya dengan baik, kita hendaknya senantiasa memiliki goal setting dalam melakukan tugas atau aktivitas. (Mengenai hal ini, lihat kembali materi goal setting).

Adanya kemampuan berpikir konstruktif, akan membantu kita terbiasa untuk memiliki pola kerja yang efisien, karena kita terbiasa memiliki goal setting untuk melakukan aktivitas , tertutama aktivitas tertentu yang membutuhkan perhatian ekstra. Sehingga waktu, tenaga, pikiran dan materi yang dikeluarkan untuk pencapaian tujuan tertentu, bisa lebih dimaksimalkan.

No

NEGATIF

POSITIF

KONSTRUKTIF

1

Pimpinan tidak menyukai saya

Saya akan bekerja maksimal sesuai kemampuan

Untuk bekerja maksimal saya akan meningkatkan kemampuan

2

Selalu gagal

Saya akan terus berusaha

Akan mencari usaha.metode lain agar tidak gagal lagi

3

Saya tidak punya pengalaman, jadi tidak punya kemampuan lebih

Kemampuan akan menutup pengalaman yang minim

Belajar dari orang yang lebih berpengalaman selain meningkatkan kemampuan

Tidak ada komentar: